Rencana Program Pembelajaran Semester (RPPS) Ganjil Kelas X
SMTR
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ISI (LINGKUP DAN MATERI AJAR)
|
PROSES (STRATEGI PEMBELAJARAN)
|
JP-EF
|
JUMLAH
JP-EF
|
TOTAL
JP-EF
|
|||
Pokok Materi
|
Subpokok Materi
|
Model
|
Pendekatan
|
Metode
|
||||||
1
|
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan
kimia
|
1.1
Memahami struktur atom
berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif dan sifat
periodic unsure dalam tabel periodic serta menyadari keteraturannya melalui
pemahaman konfigurasi electron.
|
1. Struktur atom
|
1.1. Perkembangan teori atom
1.2. Struktur atom
|
· Deduktif
|
· Konsep
· Histori
|
· Ekspositori
· Diskusi
|
4
|
16
|
38
|
2. Sistem periodik unsur
|
2.1
Perkembangan tabel periodik
2.2 Sifat
keperiodikan unsur
|
· Deduktif
|
· Konsep
|
· Ceramah
· Diskusi
|
4
|
|||||
Ulangan
1
|
2
|
|||||||||
1.2
Membandingkan proses
pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, kovalen koordinasi dan ikatan logam
serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
|
3. Ikatan kimia
|
3.1
Terbentuknya ikatan kimia
3.2 Ikatan
ion
3.3 Ikatan kovalen
3.4 Ikatan logam
|
· Deduktif
|
· Konsep
|
· Ceramah
|
4
|
||||
Ulangan 2
|
2
|
|||||||||
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam
perhitungan kimia (stoikiometri)
|
2.1
Mendeskripsikan tata nama
senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.
|
1. Tatanama seyawa kimia dan persamaan reaksi
|
1.1
Tatanama senyawa kimia
1.2
Persamaan reaksi
|
· Deduktif
|
· Konsep
· Keterampilan proses
|
· Ekspositori
|
6
|
22
|
||
Ulangan 3
|
2
|
|||||||||
2.2
Membuktikan dan
mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan.
|
2. Stoikiometri
|
2.1. Hukum–hukum dasar kimia
2.2. Perhitungan kimia (stoikiometri)
|
· Deduktif
· Gabungan
|
· Konsep
· Histori
· Keterampilan proses
|
· Demonstrasi
· Diskusi
· Ceramah
· Problem-solving
|
10
|
||||
*) Pengayaan Materi
|
4
|
|||||||||
UAS
|
||||||||||
Rencana Program Pembelajaran Semester (RPPS) Genap Kelas X
SMT
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
ISI (LINGKUP DAN MATERI AJAR)
|
PROSES (STRATEGI PEMBELAJARAN)
|
JP-EF
|
JUMLAH
JP-EF
|
TOTAL JP-EF
|
||||
Pokok
Materi
|
Sub
Pokok Materi
|
Model
|
Pendekatan
|
Metode
|
|||||||
2
|
3. Memahami
sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit serta reaksi
oksidasi-reduksi
|
3.1
Mengidentifikasi sifat larutan
elektrolit dan nonelektrolit berdasar-kan data hasil percobaan.
|
1. Larutan
elektrolit dan nonelektrolit
|
1.1
Larutan Elektrolit
1.2
Larutan nonelektrolit
|
· Gabungan
(deduktif-induktif)
|
· Keterampilan
Proses
· Inkuiri
|
· Eksperimen
· Ekspositori
|
4
|
14
|
||
3.2
Menjelaskan perkem-bangan konsep
reaksi oksidasi-reduksi dan hubungannya dengan tatanama senyawa.
|
2. Konsep
Redoks
|
2.1
Konsep Redoks
2.2
Biloks
2.3
Tatanama
2.4
Aplikasi
|
· Gabungan
|
· Konsep
· Keterampilan
proses
|
· Ekspositori
|
8
|
|||||
Ulangan
1
|
2
|
||||||||||
4. Memahami
senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
|
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon
dalam bentuk senyawa hidrokarbon.
|
1. Kimia
karbon
|
1.1
Kekhasan atom karbon
1.2
Hidrokarbon
|
· Gabungan
(deduktif-induktif
|
· Konsep
· Lingkungan
|
· Demonstrasi
· Ceramah
· Ekspositori
|
10
|
16
|
|||
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon
berdasarkan struktur-nya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
|
|||||||||||
Ulangan
2
|
2
|
||||||||||
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan tek-nik
pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
|
2. Minyak
bumi
|
2.1 Minyak
Bumi
2.2 Aplikasi
minyak bumi
|
· Gabungan
|
· Konsep
· Lingkungan
|
· Ceramah
· Problem-solving
|
4
|
|||||
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi
senyawa hidro-karbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan,
sandang, papan, perdagangan, seni dan estetika
|
|||||||||||
UAS
|
|||||||||||
0 komentar:
Posting Komentar