Kamis, 10 Mei 2012

silabus pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit


SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                    : Kimia
Kelas/Semester                   : X/1
Standar Kompetensi            : 3.  Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit serta reaksi oksiasi reduksi
Alokasi Waktu                      : 10 jam (untuk ulangan harian 2 jam)

Kompetensi Dasar
Pokok Materi
Subpokok Materi
Rincian Materi
Uraian Rincian Materi
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Bentuk Tagihan
Jenis Evaluasi
Bentuk Evaluasi

3.1  Mengidentifikasi sifat larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data hasil percobaan

Larutan elektrolit dan non elektrolit

1.1   Percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit
1.1.1   Percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan alat penguji elektrolit

·  Uji daya hantar listrik larutan
·  Gejala hantaran arus listrik pada larutan
· Mengidentifikasi ciri-ciri larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data hasil percobaan
·  Mengelompokkan
larutan ke dalam
larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya.
·  Menyimpulkan gejala-gejala
hantaran arus listrik dalam berbagai larutan berdasarkan hasil pengamatan.

Praktikum.

Diskusi mengenai perbedaan yang signifikan antara larutan elektrolit dan non-elektrolit
LKS
PR
Tertulis
Esai
C-List
2 JE
Lembar penuntun praktikum

Alat dan bahan untuk percobaan


1.2   Larutan elektrolit
1.3   Larutan non Elektrolit
1.3.1  Definisi larutan elektrolit.
1.3.2  Daya Hantar larutan elektrolit.
1.3.3  Definisi Larutan non elektrolit
·    Menentukan jenis larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah
·    Menentukan daya hantar zat pada berbagai wujud (padatan, lelehan, cairan)
·    Menyebutkan contoh larutan elektrolit dalam keseharian
·  Menjelaskan penyebab
kemampuan larutan elektrolit
menghantarkan arus listrik.
·  Menjelaskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
·    Menyebutkan contoh larutan non elektrolit dalam keseharian
·  Menjelaskan penyebab
ketidakmampuan larutan non elektrolit menghantarkan arus listrik.

Eksplanasi
Tanya Jawab

PR
Ulangan

Tertulis

Esai
PG

2  JE
Buku Teks














3.2  Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan hubungan dengan tata nama senyawa serta penerapannya
Reaksi oksidasi-reduksi
2.1  Konsep Redoks
Reaksi oksidasi dan reaksi reduksi pada berbagai konsep redoks
2.1.1 Reaksi Redoks berdasarkan pengabungan dan pelepasan oksigen

2.1.2 Reaksi Redoks berdasarkan serah terima elektron

2.1.3 Penentuan biloks atom

· Membedakan konsep oksidasi reduksi
ditinjau dari
penggabungan dan pelepasan oksigen,
pelepasan dan
penerimaan elektron,
serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
·  Menentukan bilangan
oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
·  Menentukan oksidator
dan reduktor dalam
reaksi redoks.

Eksplanasi
Tanya Jawab

PR
Ulangan
Tertulis
Esai
PG
2 JE
Buku Teks

2.2  Tata nama senyawa menurut IUPAC
2.2.1 Tata nama senyawa redoks biner




2.2.2 Tata nama senyawa poliatomik
·    Menentukan nama Senyawa biner logam-non logam (ionik)
·   Menentukan nama Senyawa biner non logam-non logam logam(logam Kovalen)

·       Menentukan nama senyawa poliatomik dan senyawa asam
·  Memberi nama
senyawa biner ionik menurut
IUPAC.
·  Memberi nama
senyawa biner kovalen menurut
IUPAC.
·  Memberi nama
senyawa poliatomik dan senyawa asam menurut
IUPAC.
Eksplanasi
Tanya Jawab
PR
Ulangan
Tertulis
Esai

2 JE
Buku teks



2.3 Penerapan Konsep Redoks
2.3.1 Penerapan pada baterai dan sel aki
·       Penerapan Redoks pada baterai dan sel aki
Menerapkan
konsep redoks dalam keseharian

Diskusi contoh-contoh penerapan redoks
PR
Ulangan
Tertulis
Esai
Buku Teks
BahanInternet



0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar